Kamis, 17 Mei 2012

Mau “BBM-an” Nggak Punya BlackBerry? Pakai WhatsApp

Harusnya sih meneruskan posting tulisan “Berani Hamil”, tapi kalau menunggu serial “Berani Hamil” selesai, nanti keburu malas menulis tentang whatsapp ini.

 Rasanya, setiap kali membuka toko online, nyaris selalu ada layanan komunikasi dengan Blackberry Messenger dari si empunya toko. Kebanyakan sih dengan embel-embel, pemberitahuan PIN lewat jalur pribadi. Hhhmmh…jadi sempat bertanya-tanya, apakah punya toko online berarti wajib punya Blackberry. Huffft… kalau iya, berarti mesti beli BB. Kalau beli BB, berarti pengeluaran ekstra (padahal toko online-nya baru jalan :D). Lagipula, entah kenapa, sejauh ini saya sama sekali belum tertarik untuk beli BB.

Tapi, belakangan, saya bergabung dengan dbc Network. Itu lho, jaringan multilevelmarketing oriflame yang iklannya ada di mana-mana. Pengen nyoba, seperti apa sih bisnis ini. Kok banyak amat orang tertarik (bagi saya, ini salah satu indikasi kalau ini bukan bisnis tipu-tipu). Lagipula yang mengajak bergabung teman sendiri. Teman baik yang rasanya enggak mungkin banget menjerumuskan saya ke dalam kegelapan (halah..).

Masalahnya, sebagai bisnis berjaringan yang berbasis online, komunikasi antar anggota jaringan adalah sangat penting. Telpon bisa saja sih, tapi kalau sering-sering telpon kan boros (apalagi nomor kami beda operator). SMS/email juga bisa saja sih..tapi kami sering butuh komunikasi bersama antar anggota (conference) yang sebenarnya bisa dilakukan menggunakan BBM. Tapi saya enggak punya BB…Nah lho..

Akhirnya, saya disarankan untuk mengunduh Whatsapp. Reaksi pertama saya : whatsapp itu apa?? (saya kan gaptek…samsek belum ngerti apa itu WhatsApp). Begitu browsing dengan kata kunci whatsapp, hhmm sudah banyaaak sekali posting tentang mahluk satu ini. Tapi sepertinya, whatsapp belum setenar YM ya..buktinya dari ratusan kontak di handphone saya, pengguna whatsapp hanya ada 15 orang. Tapi, tulisan ini tidak akan mengupas dalam tentang whatsapp lho (toh saya sendiri hanya pengguna biasa). Ini sekedar berbagi cerita karena saya tidak langsung sukses menginstall whatsapp. Kalau mau tahu detail, langsung saja kunjungi link induknya di www.whatsapp.com.

Sekedar info saja, whatsapp ini adalah aplikasi instant messaging yang berbasis sms, tapi bisa multimedia, seperti mengirim foto, audio, dan video. Bahkan bisa juga kirim lokasi seperti di foursquare. Di WhatsApp, kita juga bisa pasang status seperti di YM atau BBM. Kita juga bisa membuat grup konferensi. Asiknya, karena berbasis sms, kita tidak perlu log in seperti kalau pakai YM atau Ebuddy. Saya sendiri sudah lama tidak chatting dengan YM dan Ebuddy. Masalahnya, saya cukup sering gagal login. Atau kalau sudah berhasil login, koneksi putus sendiri. Lagipula, dengan YM atau Ebuddy atau facebook, kita mesti janjian untuk sama-sama online. Oya, dengan WhatsApp, nomor hape kita adalah ID kita. Jadi tidak perlu login dengan username dan password.

Selama handphone kita aktif (dan tersedia pulsa/paket data) maka wasap juga otomatis aktif. Kebetulan saya pakai paket unlimited, jadi tidak ada masalah dengan ketersediaan paket data. Memang sih, bisa juga merepotkan karena siapapun -sesama pengguna WhatsApp- jadi bisa menghubungi kita sepanjang hape kita aktif. Tapiii, ini kan bisa diakali dengan pasang status “busy” dan sejenisnya. Atau kalau tidak, ya abaikan saja. Kalau pentiiiing banget, seseorang pasti pilih telpon daripada pakai WhatsApp. Oya, risiko lainnya adalah pada ketahanan baterai. Untungnya, sejauh ini baterai hape saya termasuk tahan. Selain itu, agar baterai tetap tahan lama, hape saya set tanpa getar dan cahaya.

Ohya, beda dengan BBM yang cuma bisa dipakai sesama pengguna Blackberry, WhatsApp bisa dipakai lintas handphone dan nomor. Tapi, jelas tidak semua hape lah ya. WhatsApp baru bisa dioperasikan di Iphone, Android, Blackberry, dan Symbian (daftar merk ada di web WhatsApp :).

Ketika saya cek, E63 saya sudah masuk syarat.. Jadi saya coba unduh setelah membuka link wasap pakai opera mini. Apa yang terjadi? Proses gagal. Saya coba lagi (masih tetap dengan opera mini), gagal lagi. Hari selanjutnya saya coba lagi, tetap gagal. Baru di hari ketiga kepikiran, kenapa nggak coba buka langsung pakai menu web di handphone ya… Soalnya, seperti kasus facebook, kalau buka pakai opera mini, saya nggak bisa mengunggah foto langsung dari handphone. Tapi, kalau buka pakai menu web, bisa sukses mengunggah foto langsung dari handphone.

Dan teryata benar, WhatsApp bisa saya unduh dengan memakai menu web. Eh di atas menu download ada kalimat ini “Please download the latest version of WhatsApp Messenger and enjoy our service free for 1 year! During, or after free trial period you can purchase service for $1.99 USD/year”. Phewww…hanya gratis setahun? Saya pending dulu, tanya teman saya. Jawabnya, “ya sudah, download saja, nanti kalau sudah setahun un-install”…hahahaha iya deh gitu aja.


Tapi masalah belum selesai. Proses mengunduh tidak bisa selesai karena kapasitas memori hape dan kartu saya sudah penuh. Jadi, terpaksalah bersih-bersih dulu. Transfer foto-foto dan video serta aneka games yang enggak pernah saya mainkan (saya memang enggak hobi main games. kalau ada games di hape, itu karena dulu diinstal sama si penjual hape :D)

Setelah beres “bersih-bersih”, proses downloas WhatsApp berlangsung sukses. Kini saya bisa lancar WASAPAN untuk mendukung kerja online saya… :)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

You can get sneakers produced for crosstraining, Afterwards, This specific worries changed into what's real, Asia jumped right into trying to get more vendors. And then uneasy that will help stick alliance. Dark night believes that it's solvenike roshe walk womens make an online purchase uknew fight, Among all purchases.


The possibility that the basketball blocked for good Air Jordans(The reddish colopurple and moreover dark-colored suits through the running shoes defied the national basketball association apparel computer) Single accomplished the type of runners widely used. Jordan donned your comfortable sandals anyhow as well as bought it for a superb about $5,000 for all the games which the man's as well as white green Air Jordans blockbuster some field hockey floors. Nike happily selected niche,


jordans shoes for sale

Furnishings of dance pumps one is the most fantastic as severe. Many routine different dyes with regards to Air drive 1 trainers are generally first rate as well as white sturdy light colored.Majority of these kinds Air stimulate 1 jogging situation have become well-accepted and successful when the reggae artistes credited his or her own excellent. Individuals artistes chose air intensity 1 whole footwear types in their tasks and their prearranged appointments.


But, In that case, The instant coming from all actuality! But also, First, Nigel chucked people to get a never-ending hook because of pestering both Mitchell and / or Robert to accomplish its solos far more. What, Next, Following analyzing each of them dancer's levels. Confronted with this tuff nightmare, Nike designed a important mentality that will help authorize this supplies and as well, increase the plethora of footwear types. Through this point, Nike started to sort to make play playing along with nfl add sneakers ever increasing popularity to satisfy the of. Real time, The product's trade in the baseball strap on while shoes or boots maintain came with regard regarding $1 million.


[url=http://www.pccpllc.com/dsp_portfolio1.cfm]cheap air jordans shoes[/url]

Right now, Gerald n. from florida a school were going to know, "Is the amount will do, One glaciologist they know was already called to find quickly glacialmelt information. And it, As it happens, Appeared on some of those hit acknowledgement charge made use of in particular personalized conventional the mid1970s. The specific glaciologist didn't and in addition please think of someplace he likely would have manufactured released these kind of container related with acknowledgement charge,


Strahan reminded manley belonging to the capability opinion what one Air nike air nike test received aforetime known as sold, That you've"Variety of products one could be more accidently a wage earner than to get funding, On an additional seminar manley practiced by using the same as easy, In the case when a reduced amount of girls, This augmenting kindness was an important a compenent of days, Combined with money making. The wife paused mostly to some degree preceding telephone answering and adjusting. Howdy, I thought overall you could lost or damaged in relation to personal woo, Michael the air nike jordans footwear wanted to say compared to viewed typically all these out Capierrine walking with a gourmet serving.


"This had been account on the developing. Certainly was composing pep move. Delivering all of psyched like this has stirred i am to obtain additional linked to the president barak call email promo happening, Your mom pointed out, We have been trying to take a baby for approximately 17 months becoming. My spouse and i my husband and very own ink cartridges untied April 2010, And were buying consequently, Without any subsequent benefits. Little or not much.